Omar Khayyam

Saturday, April 13, 2013


Omar Khayyam (sekitar 1050-1122), sastrawan Persia yang juga merupakan ahli matematika, astronomi, fisika, metafisika, dan musik. Omar dilahirkan di Nishapur (kini menjadi wilayah Iran) dan setelah dewasa sempat mengembara ke berbagai pusat kebudayaan pada masa itu: Samarkand, Bukhara, dan Isfahan. Namanya berarti Omar si Pembuat Tenda.


Sebagai astronom istana, ia bekerja sama dengan beberapa ilmuwan lainnya untuk memperbarui sistem penanggalan. Sebagai seorang penulis tentang aljabar, geometri, dan topik sejenis, ia adalah ahli matematika paling terkemuka pada masanya. Namun, ia lebih terkenal sebagai penulis Rubaiyat (kumpulan sajak empat seuntai). Karyanya itu terdiri dari sekitar 1000 stanza empat baris yang berisi perenungan tentang alam dan kemanusiaan.

Penyair dan penerjemah asal Inggris Edward Fitzgerald adalah orang pertama yang memperkenalkan Omar Khayyam ke dunia Barat melalui karya terjemahannya atas 100 bait Rubaiyat yang terbit pada 1859. Sebenarnya ia tak sekadar menerjemahkan, melainkan melakukan parafrase dan menata bait-bait yang semula berdiri sendiri-sendiri menjadi susunan yang padu. Sebagian dari Rubaiyat telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh penyair terkemuka Amir Hamzah dalam kumpulan Setanggi Timur (1939). [Sumber: Ensiklopedia Sastra Dunia]

2 komentar:

Kukuh Niam Ansori said...

tokoh yang keren
kalau berminat baca tulisan saya di sini
http://lukiluck11.blogspot.com
http://malangshopaphoria.blogspot.com

Ara AnggARA said...

bisa jadi inspirasi nih

blog-ku ini http://seivthalife.blogspot.com/ .

Post a Comment