MENULIS NOVEL UNTUK PEMULA

Friday, October 26, 2012


Ada banyak cara untuk memulai langkah menulis novel. Bagi seorang penulis pemula atau penulis berjam terbang tinggi namun belum pernah menulis novel sebelumnya, sebuah panduan yang ringkas seperti yang tertera berikut ini akan sangat membantu. Panduan ringkas ini dinamakan “Tujuh Langkah Emas”, yang terdiri dari tujuh pertanyaan yang harus dijawab dan dijabarkan dengan jelas oleh penulis sebelum memulai menulis draft novelnya.

Tujuh Pertanyaan tersebut adalah:

Siapakah tokoh utama yang ingin dikisahkan?

Apa cita-cita terbesar tokoh utama ini dalam hidupnya? (cita-cita di sini tidak harus berupa jabatan atau pekerjaan; cita-cita juga bisa berupa impian, ambisi, keinginan, yang menjadi motivasi utama si tokoh)

Siapa atau apa saja yang menghalangi si tokoh tersebut dalam mewujudkan cita-citanya? (tokoh antagonis atau hambatan lainnya)

Bagaimana penulis menceritakan jatuh bangunnya si tokoh dalam memperjuangkan cita-citanya? (ini adalah alur cerita)

Peristiwa apa yang menjadi titik balik pemikiran atau jalan hidup si tokoh tersebut?

Adegan apa yang dipilih oleh si penulis untuk menggambarkan keberhasilan si tokoh dalam meraih impiannya?

Ending dramatik seperti apa yang akan dipilih oleh si penulis bagi tokoh utama tersebut?



Setelah merampungkan jawaban atas tujuh pertanyaan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah melakukan tahapan-tahapan penulisan novel. Ada lima tahapan penulisan novel, yakni: pre-writing, drafting, revising, editing & proofreading, dan terakhir adalah publishing.



A. PRE-WRITING

Untuk memulainya (pre-writing), tentukan dahulu tema dan genrenya. Apakah kita hendak menulis fiksi bergenre Romance namun dalam balutan nuansa religius seperti karya Kang Abik? Atau kita hendak menulis tema tentang percintaan remaja dan hubungan keluarga seperti karya Dewi “Dee” Lestari? Tema pendidikan seperti novel Laskar Pelangi? Atau tema sejarah seperti yang ditulis oleh Langit Kresna Hariyadi?

Penting untuk diingat, pilihlan tema yang unik, jangan yang klise.

Contoh tema unik:

seorang gadis yang berusaha menjadi orang lain

Contoh tema klise:

gadis penuh dosa yang kemudian menjadi sholehah.

percintaan seorang anak basket dengan bintang sekolah.



Untuk mencegah agar tidak terjebak klise, pilihlah tema yang unik, karakter tokoh yang tidak biasa, dan pemilihan nama yang unik.

Setelah menentukan tema dan genre, langkah selanjutnya adalah mematangkan karakter dalam novel. Karakter yang unik adalah unsur pembangun yang membuat kisah menjadi hidup. Di sini, sangat penting untuk mempertahankan karakter yang unik dari awal sampai akhir. Karakter-karakter dalam sebuah novel harus konsisten (mind-set/cara berpikir harus sama, bahasa tubuh tidak berubah, reaksi terhadap sesuatu tidak berubah kecuali ada perubahan hebat yang membawa trauma pada sisi psikologis atau fisiknya).

Trik Menciptakan Karakter yang Khas.

Pikirkan nama lima orang yang paling anda ingat (bisa teman, saudara, kerabat, tetangga, atau tokoh)

Tuliskan karakter dari masing-masing orang tersebut (warna dan bentuk rambut, warna kulit, tinggi badan, tiga sifat utama, hobi, acara televisi yang paling disukai, impian atau cita-citanya, warna kesukaannya, makanan kesukaannya, dll)

Ciptakan satu nama untuk tokoh utama, misalnya: Sutet.

Ambil satu karakter dari lima nama tersebut untuk diberikan kepada tokoh Sutet. Misal: dari nama A diambil bentuk rambutnya, dari nama B diambil impian/cita-citanya, dari nama C diambil tiga sifat utamanya, dan seterusnya)

Kini karakter Sutet telah memiliki karakter sendiri yang unik, yang berasal dari campuran karakter lima orang yang anda kenal tersebut. Keunikan karakter si Sutet akan memberi kekuatan pada jalan cerita nantinya.

Setelah merampungkan karakter, langkah selanjutnya adalah merampungkan deskripsi. Deskripsi di sini adalah bentuk lain dari memotret setting cerita. Misalnya, kita memilih setting berupa stasiun kereta api di New York. Deskripsikan suasana di stasiun kereta api tersebut dengan tuntas (suasana dalam stasiun, lorong-lorongnya, loket, bentuk bangunan, jam kereta datang dan berangkat, jam orang berangkat dan pulang kerja dengan menggunakan kereta, dan sebagainya).

Berbeda dengan karakter yang bisa diciptakan seliar mungkin menurut imajinasi penulis, deskripsi harus dikendalikan agar pembaca benar-benar bisa merasa terlibat dalam cerita. Untuk membantu menghidupkan deskripsi, kita bisa mempraktekkan sejumlah gerakan. Misalnya, kita hendak mendeskripsikan suasana pertarungan. Praktekkan gerakan dalam pertarungan tersebut agar diperoleh gambaran yang jelas mengenai adegan pertarungan itu sehingga deskripsinya akan menjadi lebih baik. Contoh penulis yang sangat detil dan teliti untuk soal deskripsi adalah N.H. Dini.



B. DRAFTING

Dalam proses drafting, intinya kita menuliskan apapun hasil imajinasi, observasi dan pengalaman pribadi dalam bentuk tulisan. Jangan memikirkan apakah tulisan itu laku atau tidak, yang penting adalah TULIS DAN SELESAIKAN! Di sini tidak berlaku rumus lebih cepat lebih baik, sebab yang penting adalah tulisan kita menjadi pro pembaca, bukan tulisan yang asal cepat.

Langkah-langkah dalam drafting:

Tulislah ide cerita dalam satu kalimat ringkas.

Kemudian gabungkan dengan jawaban dalam Tujuh Pertanyaan di atas.

Jabarkanlah karakter setiap tokoh (setidaknya tiga tokoh penting)

Mulailah menulis cerita minimal satu paragraf.

Buatlah Opening / pembuka cerita yang menarik. Opening ini penting karena akan menarik perhatian pembaca sejak awal. Contoh Opening yang menarik dalam beberapa novel terkenal misalnya:

Dan Brown : Akhirnya, semua ini tentang bagaimana caranya mati!

Ayu Utami : Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta.

Beatrix Potter : Dia merasa sesuatu yang lezat di benaknya setiap kali memulai

satu tulisan. Sebab dia tidak pernah tahu kemana tulisan itu

akan membawanya.

Tasaro : lelaki itu jatuh cinta kepada cara istrinya menyetrika baju.



Usahakan Opening tidak mudah ditebak arah ending-nya, karena pembaca “suka ditipu”, dan tidak suka jika ending ternyata sama dengan dugaannya.

Selanjutnya, kembangkan kerangka cerita menjadi lima paragraf. Secara bertahap, teruslah menulis hingga naskah selesai. Proses penulisan naskah dari awal hingga selesai sangat bervariasi, tergantung dari waktu dan komitmen menulis dari si penulis.



REVISING

Bagian ini untuk merevisi mulai dari kesalahan-kesalahan kecil dari ejaan, tanda baca dan sebagainya hingga revisi yang berkaitan dengan alur cerita, konsistensi penokohan/karakter, dan keseluruhan isi cerita.



EDITING & PROOFREADING

Setelah draft naskah pertama selesai, carilah masukan dari beberapa pembaca awal (first readers), misalnya teman, kenalan, keluarga, dan lainnya. Mintalah pendapat jujur mereka mengenai keseluruhan isi naskah dan mintalah mereka untuk menunjukkan kelemahan naskah termasuk kekuatannya. Hal ini penting untuk proses editing naskah hingga benar-benar layak terbit.



PUBLISHING

Setelah naskah selesai direvisi dan diedit, carilah penerbit yang potensial atau sesuai dengan jenis naskah novel yang kita punya, pelajari aturan pengiriman naskah, dan siapkan segala sesuatunya.

Umumnya, penerbit menerapkan aturan penulisan naskah sbb: spasi 1.5, huruf jenis Times New Roman, ukuran kertas HVS A4, tebal naskah bervariasi, naskah dilengkapi dengan sinopsis, daftar isi, halaman ucapan terimakasih, dan biografi penulis di bagian akhir. Adakalanya sebuah penerbit hanya menerima naskah dalam bentuk hardcopy/print dan dijilid rapi, sementara penerbit lain membolehkan naskah dikirim dalam bentuk e-file.

Masa tunggu naskah bervariasi antara satu hingga tiga bulan, tergantung dari besar kecilnya penerbit tersebut. Jika masa tunggu sudah terlewati dan belum ada kabar, penulis bisa menghubungi mereka untuk menanyakan kelanjutannya. Adakalanya naskah harus menunggu lama karena suatu hal. Untuk itu, kesabaran sangat diperlukan.

25 komentar:

admin said...

Menarik bro, aku suka dan ingin memulai menulis novel nih

kholid rosyidi mn said...

semangat bro..yang penting menulis, menulis dan menulis

niniekss said...

Subhanallah..luar biasa panduannya, ini sangat manfaat bagi siapapun yang ingin memulai menulis NOVEL, "Selamat Terus Berkarya didunia kepenulisan" Mas Kholid, untuk membimbing dan memberi pencerahan bagi kita semua.Semoga Allah Swt senantiasa meRidhoiNya.Amin YRA. Salam Hangat.

kholid rosyidi mn said...

terima kasih atas doanya bu sri..

Kumpulan Cerpen said...

bercita-cita jadi seorang penulis itu dosa ngak sih. . . .

Unknown said...

terima kasih untuk tipsnya, sangat tepat sasaran.
saya juga sedang mengerjakan sebuah novel, saya harap kaka mau jadi first reader-nya. kalau nanti bisa di-publish pasti bakal saya kirimin satu eksemplar gratis!

kholid rosyidi mn said...

Kumpulan cerpen:malah berpahala asalkan yang kita tuliskan membawa pencerahan dan kebaikan bagi orang lain...
chinen yumi:ok d tunggu ya..

Unknown said...

sudah lama aku menulis tapi belum dapat penerbit karna aku tidak tahu jalirnya

IsengNgenet said...

makasi masukan nya

Jokky Whylantoro said...

Aku ada satu proyek novel yang lagi kugarap. Tapi mau ngelanjutin kadang tergantung mood ya?

Zeipth said...

sulit juga ya untuk nulis dan diterbitin.

Unknown said...

Sayang kalau punya naskah tapi gak menghasilkan uang.
Ke Guepedia.com aja yuk - cara baru terbitkan naskah TANPA MODAL SEPESERPUN..

Q : Ko bisa gratis ?
A : Iya dong. Di guepedia, kamu bisa upload naskah GRATIS. Setelah naskah terverifikasi, kami akan langsung menjual naskahmu dalam versi ebook di Google PlayStore. Cara jualnya ?? Tenang aja, serahin semua ke Guepedia.

Q : Cuma dijual dalam versi ebook ? Dalam versi cetaknya gimana ? Terus biaya cetaknya gimana ?
A : Dijual juga ko. Untuk biaya cetak tenang aja. Biaya cetak akan dibebankan kepada pembeli yang sudah kita akumulasikan ke dalam harga jual. Untuk versi cetak, kita memakai sistem POD (print on demand). Apa itu POD? Silakan cari di Google. Intinya, kita hanya akan cetak bukumu jika ada order.

Q : Jadi penulis gak perlu mengeluarkan uang untuk biaya cetak buku?
A : Gak dong.

Q : Lalu dari setiap ebook atau buku saya yang terjual, apa saya dapat keuntungan ??
A : Tentu! 10% dari harga jual akan jadi milikmu.

Q : Oh jadi cuma 10% aja yang didapat penulis untuk setiap penjualan?
A : Eits jangan salah. 10% itu hanya untuk setiap 1 ebook/buku cetak yang terjual. itu artinya kamu bisa dapatkan banyak income tergantung dengan volume penjualan. ingat lho, 10% kamu dapatkan setiap adanya penjualan dan itu terjadi TANPA MODAL SEPESERPUN..

Q : Ah tapi apa mungkin naskah saya akan laku ??
A : Kita tidak menjamin. Tapi kita berusaha sebaik mungkin dengan mempromosikannya ke berbagai media online, seperti sosmed, marketplace (tokopedia, bukalapak, tokoone, jualo,dll), forum, komunitas, youtube, blog, dan masih banyak lagi. Dan tentunya promosi ini tidak dipungut biaya alias GRATIS..!

Q : Ada bonus lain ??
A : Setiap naskah yang terverifikasi akan langsung dibuatkan ISBN. GRATIS!

Q : Jadi intinya apa aja yang harus dilakukan saya sebagai penulis ??
A : Cuma 1. Upload naskahmu di guepedia maka kamu bisa bersantai menunggu income datang..

Nah, tunggu apa lagi ?? Yuk upload naskah beserta covermu sekarang juga di Guepedia.com..

Ada pertanyaan? Hubungi kami di :
No. telp / sms : 0812 8760 2508
Email : info@guepedia.com

Unknown said...

Wah... Ini lebih teknis dan mudah dipahami. makasi saranya.
https://www.abyanpo.blogspot.com/

Unknown said...

Wah... Ini lebih teknis dan mudah dipahami. makasi saranya.
https://www.abyanpo.blogspot.com/

Unknown said...

Ah jd semangat menulis

Unknown said...

Ah jd semangat menulis

Unknown said...

Permisi izin promo.

Telah keluar NOVEL Terbaru karya Mahasiswa UMPAR, NIGELLA.

Novel ini memiliki banyak catatan kaki disetiap babnya. Mulai dari istilah kedokteran, kriminal, ilmu herbal dan psikologi.

Nigella membahas lebih dalam mengenai cinta anak yatim, anak single parent, broken home, orangtua adopsi, sahabat palsu dan cinta sejati.

Nigella juga memiliki gambar ilustrasi dan puisi kehidupan disetiap babnya. Selain menambah wawasan, ini juga bisa membantu imajinasi pembaca.

Nigella akan mengajak kamu jalan jalan memecahkan banyak teka teki dan misteri di kota Menton, Prancis. Kamu akan ditemani oleh banyak anak yatim jenius. tapi kamu juga akan bertemu psikopat dan pembunuh berdarah dingin.

Pesan segera dan kita akan bertemu di Nigella yg mendebarkan.

Price : Rp.55.000

Cara pesan : cukup kirim alamat lengkap kamu via inbox facebook, atau LINE dengan ID : larc-nigella, atau BBM : 51A5F3EB

Info detail www.larc-nigella.com Instagram penulis: jayadi_reiji

Prestasi NIGELLA :
- Peraih testimoni resmi Motivator wanita No.1 di Asia, Merry Riana
- Nominasi novel of the year Lasinrang Award 2015

NIGELLA, greater mystery than you think.

Unknown said...

halo teman-teman, saya demen banget baca novel dan cerpen-cerpen fiksi. Pengen bagi tips buat kalian yang demen baca juga supaya bisa langusng buka di
http://novel.id/
Mereka juga lagi nyari penulis-penulis berbakat loh dan dibayar per bab berdasarkan bab yang dihasilkan :)



Unknown said...

Permisi kak. Saya penulis novel pemula nih. Hehe.
Coba cek tulisan saya yaa. Mohon koreksinya...
Judulnya Boku no Mirai :D

http://novel.id/t/bab-1-salju-dan-kenangan/6717
http://novel.id/t/bab-2-video-call-dari-ibu/6760
http://novel.id/t/bab-3-di-masjid-otsuka-aku-melepasmu/6797
http://novel.id/t/bab-4-percakapan-dengan-lelaki-bernama-jordi/6838
http://novel.id/t/bab-5-bernostalgia-di-atas-ketinggian-450-meter/6853
http://novel.id/t/bab-6-teman-sebangku/6908
http://novel.id/t/bab-7-percobaan-ekstrakurikuler/6909
http://novel.id/t/bab-9-curahan-hati/6996
http://novel.id/t/bab-10-feeling-lonely/7356
http://novel.id/t/bab-11-this-is-me/7393

princess_bubblegum said...

kak, bisa minta tolong kasih tips buat sinopsis novel yang baik gimana?
terima kasih

Anonymous said...

Hai para penulis muda,
Namaku Agnes Jessica. Aku membuat beberapa video tentang menulis, bisa ditonton di https://www.youtube.com/playlist?list=PLIPwFA0Wd122cL5611iBmorPFrqFvrMJc Terima kasih

Unknown said...

halo ngampung share saya ingin membagikan kutipan novel kisah nyata perjalanan cinta yang berbeda hingga menemukan cinta sejatinya. simak cara dia memperlakukan wanitanya dengan istimewa read on fadlicreated.blogspot.com

Unknown said...

menulis novel yang baik hanya dengan sesuai mood yang kalian suka, sehingga alur yang ada pada novel tidak berantakan dan terkesan setiap cerita berkaitan

Tim DM TMB said...

Misi mas, saya sering menulis di blogger yaah walaupun isinya tentang isolasi tape, tapi apakah itu masih dibilang seorang penulis.

7haponi said...

wuih keren nih lengkap banget panduannya.. kbetulan lagi cari panduan membuat novel. soalnya di tempat kerja saya lagi ada kontes membuat novel, hadiahnya lumayan.. juara 1 dapat TV, juara 2 dapat AC Daikin, juara 3 dapat notebook.

Post a Comment